SEPUTAR KULIT

Jenis kulit apa yang paling bagus untuk bahan jaket kulit ?

Semua jenis kulit bisa di gunakan untuk pembuatan jaket kulit , dari mulai kulit kambing, domba, maupun kulit sapi yang menentukan bagus tidaknya kwalitas kulit bukan dari jenis kulitnya tapi dari saat proses penyamakan kulitnya,

saya kasih ilustrasi, kulit domba pun yang saat ini termasuk jenis kulit yang sangat banyak diminati akan sangat jelek kulitnya bila di olah dengan cara2 yang tidak sesuai aturan. dan sebaliknya kulit kambing yang saat ini di hindari oleh para konsumen jaket kulit akan sangat bagus kulitnya bila di olah dengan cara2 yang sesuai dengan aturan pengolahan kulit.

so,  jawabannya bukan dari jenis kulitnya namun dari proses penyamakan kulitnya , seperti yang terjadi saat ini di bandung atau di indonesia umumnya memakai jaket kulit dari bahan kulit domba dengan kisaran harga dari 800 sampai 2 jutaan  tapi jaket kulit luar negeri rata2 memakai kulit sapi untuk bahan jaket kulitnya dan seperti yang anda tahu rate rata2 harganya ada di kisaran 5 ~ 10 jt ke atas , padahal di kita kulit sapi ada di peringkat no 2 untuk bahan baku kulit setelah kulit domba dan kurang di minati oleh para pemakai jaket kulit di tanah air.


Kenapa jaket kulit anda terasa panas saat di pakai ?

Jaket kulit yang panas saat di pakai pada umumnya di sebabkan oleh 2 hal

  • jenis kain lapis dalam < puring> yang sangat murah yang biasanya komposisi plastik lebih banyak dari komposisi serat kain dalam proses pembuatan puringnya. ciri2nya agak kaku , warna buram, dan kalau di pegang agak hangat. sedangkan puring yang bagus ciri2nya kebalikan dari yang saya tulis di atas.
  • kulit yang terlalu tebal dalam proses pengecatan juga bisa menimbulkan panas . cat kulit yang terlalu tebal bisa menutup pori pori kulit , dengan tertutupnya pori kulit otomatis tidak ada hawa yang bisa keluar dan panas akan timbul dengan cepat. ciri ciri kulit yang di cat dengan tebal ada pada teksturnya yang agak kaku dan warna yang biasanya akan sedikit mengkilap .

Berapa ukuran ketebalan yang pas untuk jaket kulit ?

Ketebalan kulit bisa di bagi dengan beberapa ukuran ketebalan kulit yang biasa di pakai di indonesia. Secara garis besar akan kami uraikan  dari yang paling tebal sampai dengan yang paling tipis.

  • tebal 1,2 mm lebih , jaket kulit dengan tebal seperti ini biasa kita temukan pada jaket kulit import khusus di buat untuk para bikers  biasanya teksturnya agak kasar dan bobotnya sangat berat .untuk di pakai saat touring luar kota memang sangat oke, gahar ,mantap dan dapat menahan lajunya angin . Namun untuk di pakai sehari hari sangatlah tidak akan nyaman di pakai . selain kaku juga sangat berat di badan , perkiraan kami beratnya ada sekitar 4 kg lebih per satu jaket kulit.
  • Tebal 0,8 ~ 0,9  , ukuran tebal kulit seperti inilah yang sangat ideal di pakai untuk keseharian kita . Tidak terlalu berat tapi juga tidak terlalu ringan. Bila anda ingin membeli jaket kulit,  ini adalah syarat mutlak yang harus anda tanyakan terlebih dahulu . Ciri2 dari kulit 0,8  cukup tebal , body jaket akan berbentuk  dan bila di angkat ada bobotnya <tidak ringan>. Dan harganyapun akan lebih mahal dari pada jaket kulit yang tipis , harga jaket kulit tebal 0,8 biasanya ada di kisaran 1,2 sampai 2 jutaan. Tapi harga yang cukup mahal akan terbayar dengan awetnya jaket kulit yang bisa di pakai minimal 5 tahun.
  • Tebal 0.6~0,7 , ukuran yang sangat tipis hampir menyerupai ukuran kain  , jaket seperti inilah yang harus anda hindari ciri cirinya bila di angkat akan terasa sangat ringan , banyak kerutan di pinggir body jaket kulit atau di bawah tangan dan warna catnya akan terlihat abu2 bukan hitam dop. kisaran harga untuk jaket kulit dengan tebal sekian ada di rate 750 ~ 900 ribuan , sangat murah bukan . tapi anda akan kecewa setelah 3 bulan kemudian tangan akan mengkerut, body jaket akan mengecil ,lapis dalam <puring> di badan dan di tangan akan keluar, dan dalam jarak di bawah satu tahun pada bagian tangan jaket kulit akan muncul lipatan2 kecil , mengkerut dan akhirnya sobek.
  • Lebih baik mahal sedikit tapi awet daripada murah tapi awetnya kalah sama kaos yang harganya 50 ribuan.

Bagaimana cara memilih jaket kulit yang bagus ?

Panduan untuk memilih jaket kulit dengan kwalitas yang baik sangatlah mudah , ikuti panduan ini dan uang jutaan yang anda keluarkan tidak akan berakhir dengan penyesalan.

  • Perhatikan ketebalan kulit , jaket kulit yang bagus bila agan angkat akan sedikit berat . Secara sederhana saja kalau jaket kulit memakai bahan kulit yang tipis tentu jaket kulitnya juga akan ringan namun bila jaket kulitnya tebal pasti akan terasa ada bobotnya kalau agan angkat.
  • Perhatikan warna dari jaket kulit yang agan akan beli, jangan membeli jaket kulit yang warnanya mengkilat dan agak kaku , bisa di pastikan itu jaket rekondisi . Jaket yang di cat ulang untuk menutupi warna sebelumnya.
  • Perhatikan body jaket kulit incaran anda , coba perhatikan dengan teliti apakah ada kerutan kerutan dipinggir atau di bawah tangan. kalau kerutan banyak anda temukan jangan anda beli pilihlah jaket kulit yang sedikit kerutannya atau bila ada, pilih yg tidak ada kerutan sama sekali.

Dari 3 hal sederhana di atas anda bisa memilih jaket kulit dengan kwalitas yang baik , jangan lupa jaket kulit yang anda beli harus agak berat < berarti kulitnya tebal> , warna dop <tidak mengkilat> , dan at last minus kerutan < kerutan adalah kulit bagian perut dari kulit domba yang biasanya bertekstur mengkerut dan tipis> .


Bagaimana cara merawat jaket kulit ?

Cara merawat jaket kulit sangatlah simple dan praktis

  • Jangan simpan jaket kulit anda di lemari yang lembab atau di gantung dekat tembok , usahakan untuk menyimpan jaket kulit di ruangan yang ventilasinya baik. Menyimpan jaket kulit di lemari atau di ruangan yang lembab akan memicu jamur tumbuh dan jaket kulit anda akan berbau apek.
  • Gantung jaket kulit anda dengan memakai hanger , jangan di lipat atau disimpan begitu saja . Dengan memakai hanger body jaket kulit anda akan terjaga dan tidak akan gampang kusut.
  • Jangan pernah memakai handbody atau prodak perawatan lain yang di jual murah , secara logika jaket kulit yang sudah terus menerus di olesi dengan handbody akan sediki lengket dan mengkilat hal ini memicu kotoran atau debu akan menempel kuat pada jaket kulit anda . Dan unsur pemutih yang terkandung pada handbody akan memicu pudarnya warna asli jaket kulit anda.
  • Jangan pernah mencuci jaket kulit dengan menggunakan detergent , hal ini sangat berbahaya jaket kulit anda bisa mengeras dan kusut dengan seketika dan hampir tidak mungkin untuk mengembalikannya pada kondisi semula.
  • Waslap jaket kulit anda minimal sekali seminggu dengan campuran air hangat dan sedikit baby oil hal ini harus anda lakukan untuk membersihkan kotoran atau debu yang menempel , baby oil sedikit di tambahkan untuk menjaga tekstur jaket kulit anda lembut kembali.
  • Hal yang terpenting jaket kulit harus anda pakai keluar rumah  minimal 2 kali seminggu , jangan pernah menyimpan jaket kulit terlalu lama hal ini kan memicu tumbuhnya jamur . Sinar matahari adalah pembunuh alami jamur kulit , semakin anda sering merawat dan memakai , jaket kulit anda akan semangkin awet bila tidak pernah di pakai jaket kulit anda akan rusak dengan sendirinya.

Kenapa jaket kulit anda pada bagian tangan sering mengkerut dan sobek ?

Para pecinta jaket kulit pasti sering mengalami kejadian ini, jaket kulit yang anda beli dengan harga lumayan belum sampai satu tahun sudah mengkerut dan sobek di bagian tangan. Anda pasti bingung fashion dengan harga jutaan awetnya masih kalah dengan harga kaos yang 50 ribuan.  Sangat kecewa bukan..?

di sini akan saya jelaskan kenapa hal seperti itu terjadi, Sobek atau mengkerutnya jaket kulit anda pada bagian tangan hanya di sebabkan beberapa sebab

  • Jaket kulit anda di buat dari bahan kulit domba yang tipis , secara sederhana bisa kita tarik logika, kulit yang tipis akan sangat gampang mengkerut berbentuk lipatan2 kecil yang pada akhirnya lama kelamaan akan akan rapuh dan jaket kulit anda akan robek .
  • Jaket kulit dengan bahan yang tipis bila terkena hujan lalu terkena sinar matahari akan langsung mengkerut , berulang ada kena hujan dan sinar matahari kerutan semakin padat dan akhirnya sobek dan rapuh.
  • Tangan pada bagian jaket kulit adalah bagian yang sering di gunakan untuk beraktifitas seperti mengangkat, tangan menekuk atau gerakan yang lainnya  .kalau kulit pada bagian tangan jaket anda tebal itu tidak akan menjadi masalah lain halnya kalau tipis semakin banyak gerakan akan semakin cepat rusak.
  • Jaket kulit dengan teal 0,8 tidak akan mengkerut , walau sering di pakai beraktifitas hanya akan bergelombang besar2 dan tidak akan berbentuk lipatan2 kecil seperti pada kulit tipis dengan tebal 0,6 atau 0,7.
  • Jaket kulit yang memakai bahan kulit domba dengan tebal 0,8 ke atas sangat saya sarankan walau harganya akan sedikit lebih mahal .
  • lebih baik membeli jaket kulit dengan harga 1,2 jt ke atas tapi awet minimal 5 tahun daripada beli jaket kulit dengan rate 800 ribuan tapi lama pemakaian tidak sampai satu tahun.